Pagi Berkabut


         Alam masih gelap. Malu-malu embun turun menyusup dedaunan. Aku terbangun. Nyeri diperut kanan bawah membangunkanku tepat pukul 03.00 wib. Seperti alarm yang sigap berdering. Tidak setiap saat lagi. Sesekali. Hanya sesekali. Namun mampu memaksa mataku terkesiap.
        Remang-remang mata yang baru terbuka, tertuju pada sebuah botol plastik diatas lemari. Ak terbelalak!
       "Myoma?!!"
        Ya Allah.. saking apanya coba. Sebuah botol plastik obat maagh, Mylanta terbaca menjadi Myoma? Ada perasaan geli, ada perasaan gundah. Jum'at pagi ini dibuka dengan prolog yang kurang nyaman.
      Pikiranku tergelitik.
      Mulai berfikir.
      Mulai tergoda.
      Kuambil map besar berisi rekam medisku, hasil lab radiologi, USG, dan CT scan. Mengamati gambar itu satu persatu. Beberapa paham, namun lebih banyak tidak paham. Kuambil selembar hasil analisa CT scan.
       "Masa padat dengan bagian kistik pada posterior VU yang meluas dan sulit dipisahkan dengan uterus dan dinding bowel disekitarnya, mendesak dan menyebabkan dilatasi bowel dilevel proksimalnya. Suspek berasal dari ovarium. Moderate hidronefrosis kanan. Efusi pleura bilateral. Atelektasis segmen 10 kanan".
       Dahiku berkerut.
       Percuma.
       Dibaca pun aku tidak paham.
       Tidak mengerti istilah medis.
       Bagiku saat ini, Pengetahuan penting yang ketika membacanya seperti menonton film horor adalah ilmu medis. Tapi apa boleh buat rasa penasaranku mengalahkan nyaliku.
       Masih terngiang jelas kalimat dr. Hadi, dokter bedah di RSUD dr. Soeradji yang menyatakan masih ada sisa myom diperutku. Semacam tumor yang menempel di usus. Menurutnya belum begitu mengganggu tetapi sudah menyebabkan pembengkakan di ginjal sebelah kanan.
       "Hhff...."
       Pikiranku gamang. Bingung. Ragu. Takut. Seribu tanya bergelayut dalam pikiran. Rasa penasaran membuncah memenuhi dada.
       Ak memutuskan untuk bertanya kepada Mbak Anil. Seorang perawat yang turut serta dalam proses operasi SCku. Ak sering berkonsultasi padanya. Selain karena rentang umur kita dekat, mbak Anil sangat ramah, telaten dan terbuka menjelaskan masalah medis yang aku alami. Aku sering curhat sekedar untuk mengalihkan perhatianku terhadap rasa sakit diperutku. Kuambil ponselku dan mulai mengetik pesan WA.
       Zulfa_"pagi mbak Anil"
       Zulfa_"lagi sibuk sama si kecil ya"
       Zulfa_"sebelumnya maaf ya mbak.. Aku penasaran banget.  Rasanya aku pengen menyapa "apa kabar rahimku".
       Zulfa_"Mbak Anil kan pernah bilang ya.. kalo rahimku itu udah diangkat. Bahkan mbak Anil meyakinkan kita tidak perlu KB. Tapi yang bikin aku bingung. . Hasil lab radiologinya tertulis masih ada masa kistik nempel di uterus. Uterus itu rahim kan ya mbak?"
        Ak menunggu balasan pesan WA.
        Lama.
        Rasanya tidak sabar.
        Tapi harus sabar.
        Patient.
        Be patientfull.
        Ibu-ibu dipagi hari repotnya minta ampun. Ak harus sadari itu. Ketika sehat, pagi hariku pun selalu sibuk. Sibuk. Segala hal. Kesibukan dipagi hari.
        "Tut.. tut" suara ponselku.
        "Alhamdulillah! " Kejutku. Segera ku lihat ponselku. Ya. Nama Mbak Anil menyembul di deretan pesan masuk.
       Anil_"maaf mbak.. heheh.. lagi nyiapin dedek mau berangkat  sekolah"
       Zulfa_"iya mbak, nggak papa"
       Anil_"iya mbak, rahim mbak zulfa emang udah diangkat mbak. Tetapi nggak total"
       Zulfa_"lho.. gmana maksudnya mbak?  :( belum paham aku"
      Anil_"Hhmm.. jadi gini mbak.. menurut rekam medis mbak zulfa, prosedur operasinya itu adalah SVH. Artinya Supra Vaginal Histerektomi. Jadi uterus atau rahim mbak zulfa ini diangkat tapi nggak total. Masih ada bagian uterus yang tertinggal. Biasanya bagian bawah sampai serviks"
       Allahuakbar! Teriakku dalam hati.
Aku yang tidak paham dunia medis tentu saja semakin bingung.
         Tapi .. okelah setidaknya rasa penasaranku terpecahkan. Yang aku hadapi sekarang .. memang benar.  Masih ada myom di rahimku. Inilah kenyataan hidupku.
       Sejenak aku melamun. Mengingat rasa sakit yang membakar tubuh. Masih seolah terdengar sayup-sayup antara sadar dan tidak, tangis ibuku.. tangis orang2 yang berada disekitarku. Terasa hangat tangan ini di genggam suamiku yang tiba-tiba basah. Isakan mereka membuatku merasa aman. Aku tidak sendiri. Mereka ada untukku. Mereka. . Tanpa bisa kulihat matanya.. memancarkan ketulusan dari kekhawatiran yang beradu dengan tangisnya. Dan itu untukku. Ak bersembunyi dalam gelapnya sakit. Menahan sekuat tenaga agar mereka tidak terlarut dalam sedih. Aku harus kuat menahan rasa sakit. Ak harus kuat menahan nyeri yang menghujam tubuhku. Aku harus kuat. Harus!
           Pikiranku kembali tergoda.
           Rasa penasaran yang ditunggangi ketakutan kembali menggelitik. Mencuri tempat dalam pikiran. Menaungi keinginan untuk mencari tahu.
           Berpikir.  Berpikir. Berpikir
           Ya, Ifa.. ! sahabatku itu pasti tau kondisiku. Dia selalu mengikuti alur pemeriksaanku. Dia orang medis. Dosen ilmu keperawatan. Koneksinya di RSUD banyak. Tak heran dia blunas-blunus  masuk ruang perawat dan bercengkrama akrab dengan mereka.
Kucari nomor telfon nya di daftar kontakku. Oke, call her as soon as posible.
          "Assalamualaikum  fa ?"
          "Waalaikumsalam, iya zul ada apa?"
          " faaa..... " rengekku berjeda.
          "Apaaa.." balasnya menirukan nada.
          "Jelasin ak tentang SVH ya.."
          "Kenapa zul.. tiba-tiba nanyain tentang SVH. Dapet dari mana kata-kata itu?" Selidiknya.
          "Ga ada fa.. cuma penasaran aja. Pas lagi searching di google nemu kata itu.. tapi penjelasannya nggak lengkap. Penasaran aku."    
          Oh god! Aku berbohong. Ak berbohong karena tidak ingin ada kesalahpahaman. Karena sumber informasiku bukan langsung dari keterangan dr. Rangga. Dokter yang menangani SC ku. Baru sedikit informasi dari mbak Anil. Bagiku jika akhirnya muncul kesalahpahaman maka akan bernilai fitnah nantinya.
         "O.."
         " SVH itu operasi pengangkatan rahim diatas vagina zul.. jadi total rahimnya diangkat dari atas vagina" jelasnya.
         Hloh?! Kok beda? Wah.. timbul lagi kebingungan yang menggema. . Semakin ak banyak tanya tentang SVH bisa jadi semakin bingung nantinya. Ifa adalah dosen. Memiliki literatur. Dan seandainya aku ngeyel SVH itu pengangkatan rahim tidak total.. ak tidak punya dasar. Bisa jadi yang muncul adalah fitnah bagi dr. Rangga. Aku tidak mau terbenam. Kualihkan topik pembicaraan kami.
       "Hm.. oke fa.. paham sekarang aku. Oia, sebenarnya aku ini nggak tau persis aku sakit apa. Rasanya ak pengen menyapa tubuhku "hai apa kabar aku?" Ungkapku.
Keluargaku memang tidak bicara banyak, entah karena menyembunyikan sesuatu dariku atau memang Sama-sama tidak paham medis tentang penyakitku. Aku berharap Ifa tau sesuatu. Dia memang bukan pegawai sana, dia dosen keperawatan. Beberapa mantan mahasiswanya adalah perawat yang menanganiku. Jadi mudah saja bagi Ifa berdialog dengan mereka.
         "Kamu tahu sesuatu fa?" Sambungku menyelidik.
         "Ya.. masih ada myom" ucapnya berat.
         "Trus kenapa ak dirujuk ke RSUD Pahlawan? "
         "Hh.. gini zul.." Ifa terdiam sejenak. Ak menunggunya melanjutkan kalimat.
         "Untuk operasi pengangkatan myom, RSUD itu sangat bisa. Sangat bisalah.. disana alatnya canggih dan lengkap. Tetapi untuk kasusmu.. mereka tidak memiliki spesialisnya.."
          "Lhoh?!" Ak terkaget.
           "Maksudnya gimana fa?" Lanjutku cepat.
           "Begini Zul, saat hasil CT scanmu selesai ak dan teman-teman perawat disana berdiskusi tentang kondisimu, saat dr. Agung Sp.Og menganjurkanmu dirujuk ke RSUD pahlawan Surabaya"
         "Iya?" Selaku tidak sabar.
         "Ada perlengketan dalam perut kamu, antara uterus, vesica urinaria atau kandung kemih, dan usus. Mereka itu harusnya terpisah sendiri-sendiri. Tetapi keadaannya saling melekat dan sulit dipisahkan. Nah, itu yang menyebabkan ada gangguan di ginjal kamu."
        "Lha terus?" Nadaku mulai bergetar. Pikiranku berkecamuk. Tubuhku melemah.
        "Di RSUD dr. Soeradji tidak sanggup, jadi kam harus dirujuk ke Poli Disgestif RSUD Pahlawan. Kita tidak tahu perlengketan separah itu akibat apa, apakah memang akibat myomnya atau proses SC yang kurang bersih" jelasnya.
      Allahuakbar!!
      Badanku melemah.. ak ingat saat SC dokter terkaget dan berkata kenapa terjadi perlengketan dimana-mana. Perasaan takut dan cemas membabi buta. Sangat sulit saat ini berfikir baik. Tubuhku serasa tak bertulang.. sedangkan kepalaku terasa berat dan pusing. Namun ak harus mampu menjawab rasa penasaranku. Tanda tanya besar membayangiku saat ini.
       Ak masih belum puas mencari tahu tentang SVH. Ak mencoba mengingat-ingat siapa lagi temanku yang dapat memjelaskan tentang hal ini.
       "Oh ya. Ima!" Dia adalah bidan di Rumah Sakit swasta milik seorang Bupati Jember. Kulayangkan pesan WA untuknya.
        Zulfa_"Pagi Ima.. sibuk?"
        Zulfa_"Ma, SVH itu apa?"
        Ima_"SVH? Oh.. itu adalah Supra Vaginal Histerektomi Zul"
         Zulfa _ "Artinya Ma?"
         Zulfa_"Oia Ima, emangnya rahim bisa diangkat sebagian?"
         Ima_"Bisa."
         Ima_"Disisakan bagian rahim bawah dengan tujuan untuk kepentingan seksual zulfa.."
         Zulfa_"Hm.. trus aku KB nggak ini Ma?"
         Ima_"Ya Nggaklah zulfaa..." Jelasnya.
         Hhh.. ak sedikit lega.  Karena penjelasan Mbak anil dan Ima sama. Setidaknya cukup menghibur. Tapi ak tetap berencana mencari jawaban pasti dari dr. Rangga tentang rekam medisku dan 'apa kabar aku' sebenarnya .
        Masih banyak hal yang ingin kuketahui meskipun selalu jiwa ini justru tergetar saat mengetahuinya. Tapi inilah nyatanya. Kenyataan yang sedang berdiri angkuh didepanku.
       Kuambil lagi kertas hasil analisa lab radiologiku. Tertulis hasil CT scan .  Ku baca lagi.. dan ak bertekad untuk memahami tiap istilah medisnya. Ku buka browserku dan mulai mengetik satu persatu..
         "Oke" pikirku menenangkan.
         "Apapun itu, aku harus tahu kenyataannya." Tekadku.
         Mulai kucari.
         Kistik.
         "Kistik adalah penyakit genetika yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket sehingga menyumbat saluran-saluran di dalam tubuh."
        Yang aku tahu Myom adalah tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim akibat pembentukan sel yang tidsk normal. Sel yang harusnya mati tidak mati sedangkan sel baru terus berproduksi. Masa kistik ini sekarang telah menjalar keluar dari rahim sehingga membentuk tumor yang melekati bagian-bagian disekitarnya.
        Kucari kata selanjutnya.
        Bowel.
        "Bowel adalah usus besar"
         Masyalloh... inikah jawaban mengapa mengapa aku kesulitan dan mengalami sakit ketika BAB? Sehingga mengalami hemoroid (pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar). Wallahuaalam.
         Kuketik kata selanjutnya.
         Posterior VU.
         "Posterior adalah istilah anatomi yang berarti struktur bagian belakang. Sedangkan VU adalah Vesica Urinaria yang artinya adalah kandung kemih. Tampungan untuk membuang air seni. Jika kandung kemih terhambat maka akan menyebabkan gangguan pada ginjal."
         Ak semakin melemah.
         Tetap. Kuketik kata selanjutnya.
         Proksimal.
         "Proksimal adalah kata sifat yang berarti dekat dengan titik acuan tertentu. Proksimal berarti juga bagian atas yaitu lebih dekat dengan batang tubuh atau pangkal."
         Aku istirahat sejenak.
         Pencarianku di google tiba-tiba dihadang rasa sakit yang menyergap bagian perut bawahku. Tepat di bagian bekas luka drain (selang untuk mengeluarkan serumen atau darah perdarahan dari luka dalam).
         Aku menahan sakit.
         Sakit sekali.
         Ya Allah Ya Kariim.. aku percaya kesembuhan itu hanya karena kuasa-Mu.
         Sejenak.
         Mencari sela bernafas.
         Mengatur diri.
         Menahan sakit.
         Allah....
         Menunggu.
         Hingga sakit itu hilang.
         Akhirnya, Alhamdulillah. Rasa sakit itu mereda. Ak mengamati ponselku. Masih setia laman google menampakan diri. Menungguku dengan ramah, mencari kata kunci selanjutnya.
          "Oke!" Pikirku meyakinkan diri untuk menatap kenyataan selanjutnya.
           Kuketik..
           Hidronefrosis kanan.
           "Hidronefrosis berasal dari kata hydro yang berarti air, dan nefron yang berarti pembengkakan ginjal akibat penumpukan urine (kencing). Pembengkakan ini terjadi akibat adanya gangguan pada saluran kemih yang letaknya di perut bagian bawah ginjal. Apabila ada gangguan pada saluran kemih maka aliran urine akan terhambat sehingga menggenangi ginjal. Hal ini menyebabkan pelebaran atau pembengkakan pada saluran-saluran yang ada di dalam ginjal"
          Ya Allah !
          Inikah jawaban mengapa perut kananku sering nyeri?
          Belum selesai pikiranku digenangi khawatir dengan myom yang masih tersisa, muncul ketakutan baru tentang ginjalku yang bengkak. Nyeri. Terasa ngilu.
         Mulai takut-takut aku membuka Google. Mataku berkunang-kunang. Tubuhku melemah dan tidak bisa berfikir jernih. Sulit untuk tetap tenang tatkala menghadapi kenyataan hidup yang tak manis. Tetapi inilah jalanku. Takdir yang diberikan-Nya. Semua ini pasti yang terbaik untukku. Ak teringat kutipan dari kitab Minhajul Abidin, Yang terbaik menurut Allah belum tentu yang terbaik menurut kita. Tapi Allah Maha tahu mana yang terbaik untuk mahluk-Nya meskipun saat dilalui terasa getir.
        Ya Allah !
        Kuatkan hamba...
        Aku mwnarik nafas dalam-dalam. Baiklah, kata selanjutnya efusi pleura bilateral dan atelektasis. Sedikit geli. Terdengar seperti mantra sihir harry potter rasanya.
         Menunggu. Google memindai kata yang aku cari. Sinyal lemah. Ponselku bergetar, peringatan baterai mulai melemah. Segera aku menyapu pandangan kesekelilingku, mencari charger penyambung nyawa ponselku. Segera kutancapkan.
         Oke, ketemu!
         "Efusi pleura bilateral adalah kondisi yang ditandai oleh penumpukan cairan diantara dua lapisan pleura. Pleura merupakan membran yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam."
          "Atelektasis adalah suatu kondisi ketika sebagian atau satu segmen paru-paru pada seseorang tidak berfungsi. Pada atelektasis kantung-kantung udara (alveoli) pada paru-paru mengempis sehingga mengganggu pernafasan."
         "MasyaAllah.. Apalagi ini?? " desisku lemas. Aku tahu. Aku paham. Saat itu dikter spesialis paru di RSUD memang menyatakan ada cairan di paru sebelah kananku, tetapi Alhamdulillah saat USG thorax (ultrasonografi di bagian dada, melalui punggung), semua itu tidak terbukti.
Cairannya tidak ada!
Hilang!
Paru-paru ku selamat dari rencana tusukan jarum suntik yang di gunakan untuk menyedot cairan yang dicurigai.
          Betapa senangnya aku saat itu seperti mendapatkan kemenangan telak! Tetapi saat membaca ulang hasil CT scan ini, rasanya dadaku bergetar. Lengkap rasanya organ dalamku terancam. Padahal, ak tidak pernah mengkonsumsi sesuatu yang membahayakan paru dan ginjalku.
       Ya Allah.
       Hamba pasrah.
       Tetapi kepasrahan hamba saat ini diliputi rasa lemah, takut, bingung, dan sedikit putus asa. Astagfirullahaladzim.. ya Allah. Hamba salah. Hamba tahu putus asa itu dosa. Hamba kalut. Sulit saat ini untuk berfikir tenang.
       Ya Allah.. aku masih trauma operasi. Ketakutan menumpuk akibat serangan rasa sakit dalam masa kritis. Tetapi, akankah aku bertahan seperti ini? Ak tidak ingin terlambat tetapi aku tidak bisa mengendalikan traumaku. Bagiku ini adalah Fobia yang beralasan.
        "Ya Allah hamba kini tersadar. Menghadapi kenyataan pahit itu sangat sulit. Keputusasaan hamba saat melihat orang-orang berumur panjang justru melakukan hal-hal yang menjauhkannya dari-Mu, membuat hamba saat itu takut berumur panjang. Memang ya Robb.. hamba sering meminta untuk diberikan umur secukupnya saja, tidak perlu panjang-panjang asal barokah, asal Engkau ridhoi dan mati dalam islam yang khusnul khotimah. Tetapi ternyata hamba salah. HambaMu yang angkuh ini belum siap menghadapi akhiratmu.. berilah hamba kesempatan mencari bekal di akhirat. Ridhoi hamba merawat Fatma, Ikfi, berbakti kepada Mas Rokhim, kedua orang tua dan mertua hamba. Izinkan hamba membalas kebaikan seluruh orang-orang disekitar hamba. Mereka sangat baik. Sangat tulus."
         Ya Allah..
          Berilah hamba kesempatan untuk memperbaiki diri, bertaubat, dan menjalani kehidupan yang lebih baik.
          Ridhoi hamba menggapai ridho-Mu, kebarokahan hidup dan ketetapan iman.
          "Ya muqolibul qulub.. Tsabbit qulubana 'ala diinika wa tho'atika."


Jember, 23 Desember 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Munajat Cinta untuk Fatma